Jumat, 14 Mei 2010

Tips Memilih Ponsel Yang Tepat Untuk Anda



Cermat dalam memilih merupakan tindakan bijak yang harus dilakukan oleh setiap konsumen sebelum membeli suatu barang. Demikian pula halnya dengan membeli ponsel, mengingat kini ada banyak merek baru dengan fitur lengkap dan harga terjangkau.
Ada baiknya Anda menyimak beberapa tips berikut agar tidak salah langkah dalam memilih ponsel yang tepat:

1. Legalitas
Hal inilah yang harus pertama kali diperhatikan, karena tidak sedikit produsen yang tidak bertanggung jawab. Legalitas ini bisa dilihat dari nomor postel yang biasanya tercantum di bagian depan boks yang menjabarkan nomor POSTEL. Hal itu menandakan bahwa produk tersebut telah terdaftar secara resmi dan legal. Izin POSTEL tersebut merupakan syarat dasar bagi pihak produsen untuk dapat memasarkan barangya.

2. Kualitas produk
Sudah menjadi sebuah kewajiban bagi calon pengguna untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum membeli sebuah produk demi memenuhi kebutuhan maupun kenyamananya sendiri. “Cari tahu dulu produk-produknya bagus atau tidak yang bisa diperoleh dari berbagai media apalagi kan sekarang banyak media yang membahas hal ini. Bisa juga dari kesaksian para konsumen atau dari komunitas penggunanya.

3. Layanan purna jual
Seluruh produsen serempak mengatakan bahwa layanan servis merupakan hal yang sangat penting untuk dicermati sebelum membeli. Hal ini merupakan salah satu indikator kredibilitas pihak produsen dan keseriusannya dalam memberikan yang terbaik bagi konsumen.
Yang dimaksud dengan layanan purna jual dalam hal ini bukanlah tempat collection point atau drop point, yang hanya berfungsi untuk mengumpulkan ponsel-ponsel bermasalah kemudian dikirimkan lagi ke tempat servis lainnya. Hal ini menunjukkan profesionalitas yang kurang baik, serta waktu servis pun akan lebih lama dari yang seharusnya.

4. Uji Coba
Sebaiknya uji cobalah dulu ponsel yang telah menarik perhatian Anda. Jangan hanya terpukau pada desainnya, cobalah kemampuan ponsel dan pastikan sesuai dengan spesifikasi yang tercantum. Untuk itu tak ada salahnya mencoba fitur-fiturnya, seperti kemampuan bluetooth, infrared, atau mencoba mengambil gambar dengan fitur kameranya dan perhatikan kualitas gambarnya apakah sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada produk. Jika tidak sesuai sudah pasti sebaiknya Anda tinggalkan dan cari produk dari produsen yang lebih terpercaya.

5. Fitur
Pilih ponsel dengan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berhubung ponsel-ponsel ini terus berinovasi dengan varian fitur terbaru. Ada yang telah dilengkapi dengan fitur GPRS, web camera, koneksi USB, dan ada pula yang telah dilengkapi dengan aplikasi Java maupun desain water proof. Disamping itu, masing-masing merek pun umumnya memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri untuk memenuhi kebutuhan setiap pengguna.



Source: Klasika Kompas 24 Juli 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar